Surabaya untuk Halimun#3

Setelah membuat tips dan trik liburan ala Halimun, tiba-tiba saya dapet kejutan via e-mail. Di kolom pengirim tertera nama Anitha Silvia dengan subject "gambar kota halimun". Wah apa nih?, begitu kata saya dalam hati. Akhirnya saya baca sederet tulisan yang juga menyisipkan nama-nama local artist favorit saya (Aghastyo Ghalis, Benny Wicaksono, Novie Elisa, Banon, dan Pinkan Victorien). Whoah... ternyata saya diajak berkontribusi untuk Halimun edisi 3! *asik*

Okay, sekedar preview singkat aja, Halimun#3 bercerita tentang perjalanan Anitha Silvia mengelilingi kota-kota di Jawa Timur. Kota-kota tersebut adalah Surabaya, Sidoarjo, Pacitan, Lamongan, Blitar, Ponorogo, Banyuwangi, Malang, Kediri, Jombang, dan Pasuruan. Untuk semakin menguatkan atmosphere cerita, Anitha Silvia mengajak beberapa orang agar berpatisipasi menjadi kontributor (beberapa nama udah saya mention diatas). Para kontributor ini diminta untuk mengirimkan gambar dengan tema kota di Jawa Timur.

Kebetulan nihhh.. saya dapet bagian di kota Surabaya, kota tempat saya tinggal *hore*. Jadinya saya puter-puter otak, sibuk mikir apa yang saya gambar buat kota ini. Akhirnya setelah beberapa menit corat-coret di sketchbook, timbul ide buat ngumpulin ikon-ikon kota Surabaya dalam satu gambar. AHA! Langsung deh saya gambar beberapa hal yang melintas di otak, lalu saya scan untuk diwarnai di komputer, dan... voila, jadi deh gambar kota Surabaya-nya! :)

Inilah karya saya untuk Halimun#3!
Udah cukup mewakili kota Surabaya belom? :)

Mungkin ada yang masih bingung ya, kenapa saya bikin gambar-gambar diatas ini. Oke, saya jelasin :
1) Warna background yang didominasi warna ijo-item-putih >> ijo berasal dari warna bonek, item-putih berasal dari ....gak ada sih, cuma aksen aja biar lebih menarik. hihihi
2) Gambar buaya sama ikan suro (ah, walopun lebih mirip lumba-lumba gak papa lah ya) >> jelas lah, dua binatang ini adalah main icon kota Surabaya!
3) Tangkai daun di sisi kanan kiri >> ngelambangin kota Surabaya yang bersih! (ini juga diakui temen-temen luar kota)
4) Gambar bonek >> hoo.. jelas banget lah ini juga yang paling khas dari Surabaya! Gini-gini saya salut loh sama semangat mereka buat ngedukung tim Persebaya :)
5) Gambar perahu layar dan gelombang laut >> entah kenapa saya langsung nyambung kesini begitu mikir 'Surabaya', mungkin gara-gara punya Pelabuhan Tanjung Perak, Akademi Angkatan Laut, Monumen Jales Veva Jaya Mahe :p
6) Gambar bebek dengan balon kata 'bebek everywhere' >> sumber alternatif kuliner di Surabaya selaen semanggi, rujak cingur, tahu tek. Mudah ditemui dimana-mana di Surabaya dan rata-rata semua enak!
7) Tulisan 'Dolly' >> bukan isu baru sebagai kota yang memiliki kawasan red-light (baca: prostitusi) terbesar se-Asia Tenggara.

Ketika menerima kiriman saya, Anitha Silvia kelihatan senang. Beliau bilang kalo 'Bebek everywhere' bisa disebutin ketika ada temen bule nanya tentang Surabaya. Hihi, saya turut senang deh kalo ternyata karya saya bisa ikut jadi referensi :p

(P.S. : Download Halimun#3, sebuah personal zine oleh Anitha Silvia, disini)

Comments

  1. well-wrap kiza! tepat sekali ada gambar laut dan perahu layar karena memang surabaya kota bahari... cuman menurutku ada yang perlu ditambahi biar tambah lengkap, yaitu: TUGU PAHLAWAN! inget-inget selain kota buaya, surabaya juga kota pahlawan khan ya... masih bisa ditegakkan ndak itu si tugu di gambarmu? (mbak jani)

    ReplyDelete
  2. @Mbak Jani:
    Hehe yap itu dia, Surabaya kota bahari! Nah, Kiza emang sengaja nggak nyisipin tentang Tugu Pahlawan, karena itu udah common banget :p Makanya Kiza cari alternatif lain yg agak unik, yang bikin Surabaya bener2 beda dari kota laennya :)Thanks for the compliment, mbak!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts